Misteri Laut Selatan Pantai Parangtritis

Misteri Laut Selatan Pantai Parangtritis –  Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan namanya Pantai Parangtritis. Ya pantai yang berada di Yogyakarta ini sangat terkenal dan hanya berjarak 27 Km dari kota Yogyakarta wajib untuk dikunjungi.

Pemandangan pantai dengan ombak yang besar menjadi ciri khas dari pantai ini, belum lagi ketika menjelang sore saat matahari tenggelam menambah suasana romantis sehingga semakin memberi daya tarik orang-orang untuk mengunjungi pantai ini termasuk untuk lokasi prewedding.

Namun sayang dibalik keindahannya Misteri Laut Selatan Pantai Parangtritis begitu sangat kuat.  Mulai dari misteri kerajaan Kanjeng Ratu Kidul yang melegenda, sampai misteri ombak besar yang sering menelan korban.  Nah dibawah ini kami bagikan kepada anda beberapa misteri dari laut selatan pantai Parangtritis ini.

1. Pintu Gerbang Kerajaan Kanjeng Ratu Kidul

Misteri Laut Selatan Pantai Parangtritis yang pertama adalah kepercayaan yang paling kuat dari orang-orang adalah bahwa adanya kerajaan yang di pimpin oleh Nyi Roro Kidul. Nah pantai inilah yang dianggap menjadi gerbang menuju kerajaan tersebut.

2. Baju warna hijau

Misteri Laut Selatan Pantai Parangtritis yang kedua adalah larangan menggunakan baju berwarna hijau. Konon Nyi Roro Kidul sangat menyukai baju berwarna hijau bisa terlihat dari ilustrasi lukisan Nyi Roro Kidul. Nah jika ada orang yang memakai baju berwarna hijau terutama pria, maka Nyi Roro Kidul akan sangat menyukainya dan dia akan merekrut untuk menjadi pasukannya.

3. Korban tenggelam

Misteri Laut Selatan Pantai Parangtritis yang ketiga adalah banyaknya korban yang meninggal dunia karena sambaran ombak yang memang deras di pantai ini. Sebenarnya Pemerintah setempat telah melarang untuk pengunjung mandi atau bermain air jauh dari bibir pantai, namun kebanyakan mereka tidak menghiraukan. Lalu apa kaitannya dengan misterinya. Konon setiap adanya korban meninggal sulit untuk jasadnya ditemukan pada hari yang sama baru untuk keesokan, hari kedua atau ketiga baru diketemukan. Menurut cerita orang-orang yang percaya dengan mitos ini mengatakan bahwa jasad mereka di sandera sementara waktu oleh Nyi Roro Kidul.

4. Arus Balik Ombak

Misteri Laut Selatan Pantai Parangtritis yang keempat adalah masih berkaitan dengan nomor 3. Ya pada misteri yang ini memang dijelaskan oleh para pengamat ilmiah. Ya adanya arus balik (Rip Currents) membuat para korban yang terseret sulit untuk menyelamatkan diri. Hempasan ombak dari pantai lalu membentur pinggiran pantai akan kembali ke laut dengan sangat kuat, dan kecepatannya bisa mencapai 80 KM/Jam. Jika ada korban terseret arus balik ini secara ilmiah mereka akan masuk kedalam patahan dalam laut, tersangkut dikarang dan baru bisa kembali terangkat ke permukaan jika ada arus lain yang mengangkatnya. Dan ini menjadi salah satu jawaban mitos atau misteri mengapa korban sulit ditemukan dihari pertama dia tenggelam.

5. Tradisi Labuhan

Misteri Laut Selatan Pantai Parangtritis yang terakhir adalah masih erat dengan kepercayaan bagi masyarakat Yogyakarta untuk melakukan upacara Labuhan. Tradisi ini sudah dimulai sejak jaman Sultan Hamengkubuwono I dan masih terus berlanjut hingga sekarang.

Nah itulah beberapa misteri yang ada pada pantai laut selatan atau pantai Parangtritis. Semuanya masih mitos dan tentu pribadi masing-masing untuk mempercayainya. Yang pasti sesungguhnya yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan adalah Allah SWT, entah itu dengan cara apapun dan kapanpun kematian itu pasti akan datang pada setiap makhluk ciptaannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*