Misteri Gunung Danau Toba Kuno

Misteri Gunung Danau Toba Kuno – Mungkin hanya danau Toba dan pulau Samosirnya saja saat ini yang kita ketahui termasuk dari cerita rakyat tentang Toba. Tetapi kita belum banyak mengetahui betapa dahsyatanya letusan gunung Toba sehingga mampu membentuk lubang yang menjadi danau Toba seperti sekarang ini. Ya tanpa banyak kita ketahui banyak misteri dari letusan gunung tersebut. Mungkin banyak yang menganggap letusan gunung Tambora dan Krakatau sudah luar biasa namun nyatanya letusan gunung Toba lah yang jauh luar biasa.

Ya Misteri Gunung Danau Toba Kuno ini memang begitu membuat sejarah kelam bagi bumi. Ya efek ledakannya saja mencakup 2800 km persegi sangat jauh jika dibanding dengan letusan Tambora yaitu 80km persegi yang saat itu sudah menakutkan.

Bisa kita bayangkan amukan dari Misteri Gunung Danau Toba Kuno tersebut, menurut penelitian para ilmuwan dunia bahwa letusan supervolcano akan memicu pendinginan global hingga 10 derajat celsius dalam beberapa dekade.

Apa yang menakutkan dari Misteri Gunung Danau Toba Kuno? jawabnya tentu pasca terjadi letusan tersebut. Ya saat Toba meletus jutaan ton asal sulfat dilepaskan ke stratosfer sehingga menciptakan kegelapan selama 6 tahun, suhu beku sedikitnya 1000 tahun yang diikuti cuaca dingin ribuan tahun.

Dan parahnya dari Misteri Gunung Danau Toba Kuno ini telah membuat sinar matahari terhalang  sehingga fotosintesis melambat bahkan hampir mustahil terjadi yang menyebabkan sumber pakan manusia dan hewan hancur, dan dampak dari letusan tersebut juga membuat bencana global yang nyaris memusnahkan spesies manusia di bumi ini.

Pertanyaan besar apakah Misteri Gunung Danau Toba Kuno akan kembali lagi? apakah gunung ini akan kembali meletus, lalu bagaimana dengan danau Toba dan pula Samosir serta bagaimana pula dengan kehidupan di muka bumi ini? Para ilmuwan sangat meyakini jika supervolcano di dunia ini akan meletus kembali termasuk gunung Toba, namun tidak tahu kapan terjadinya, tentu masih menjadi misteri kembali dan kita harus sadar bahwa semua ini kembali lagi atas kehendak Allah SWT karena Dia lah yang menciptakan bumi, langit beserta isinya ini dan atas izinNya lah akan dihancurkan atau dimusnahkan.

Misteri Gunung Danau Toba Kuno ini telah menjadi sejarah yang kelam bagi bumi dan negara kita Indonesia walau saat ini manusia telah menikmati pula hasil kekayaan bumi dari efek letusan tersebut karena terciptannya danau Toba yang ada saat ini. Semoga Allah melindungi kita semua. Aamiin

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*