Materi Dasar Pramuka Indonesia

Materi Dasar Pramuka Indonesia – Pramuka merupakan kegiatan ekstrakulier yang rata-rata tiap sekolah sudah mewajibkan bagi-bagi siswa-siswi untuk mengikutinya. Oleh karena itu siswa-siswi tersebut sudah dipastikan harus mengetahui materi pramuka dasar.

Nah bagi kalian yang masih bingung untuk Materi Dasar Pramuka Indonesia pada kesempatan kali ini kami sedikit akan membahasnya mudah-mudahan bisa membantu anda, langsung simak saja yuk ulasannya.

Materi Pramuka Untuk Siaga

Materi Dasar Pramuka Indonesia yang pertama dari tingkatan Siaga. Setiap kelompok pramuka telah memiliki masing-masing kode penghormatan yang menjadi materi pramuka wajib bagi pramuka siaga. Kode kehormatan tersebut adalah Dwisatya (Jadi dan Komitmen diri) dan Dwidarma (Ketentuan Moral). Keduanya tentu harus sudah hafal ya.

Materi Pramuka Untuk Penggalang

Materi Dasar Pramuka Indonesia yang selanjutnya adalah untuk tingkatan Penggalang. Untuk tingkatan penggalang ada juga kode kehormatan yang harus dihafal yaitu Trisatya (Janji dan Komitmen diri) dan Dasadarma (Ketentuan Moral).

Materi Pramuka Untuk Penegak dan Pendega

Materi Dasar Pramuka Indonesia yang ketiga adalah untuk tingkatan Penegak dan Pendega. Untuk materi pramuka dasar sama halnya dengan menghafal kode kehormatan seperti halnya pada tingkatan Penggalang yaitu Trisatya dan Dasardarma.

Nah selain dari keduanya sebenarnya Materi Dasar Pramuka Indonesia yang wajib diketahui adalah mengenai sejarah dan makna Gerakan Pramuka yang telah kami bahas pada artikel sebelumnya. Ya intinya percuma mengikuti Pramuka sudah menghafal kedua kode kehormatan tadi namun tidak mengetahui sejarah dan makna pramuka. Jadi perlu diketahui dari kapan kegiatan pramuka dimulai, siapa pula pencetusnya, anggaran dasar pramuka, makna lambang dan lain-lain.

Nah mungkin itulah Materi Dasar Pramuka Indonesia yang wajib kamu ketahui. Mari semangat untuk terus mengikuti pramuka dan meneruskannya ke para adik-adik tingkat kita agar kegiatan yang positif ini bisa terus ada di dalam jiwa kita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*