Macam-Macam Sandi Pramuka

Macam-Macam Sandi Pramuka – Sandi adalah sebuah dalam bahasa sangsekert yang bisa diartikan sebagai rahasia atau menyembunyikan. Sedangkan dalam kamus besar Indonesia kata persandian sendiri memiliki kata dasar Sandi yang artinya lebih kuat dengan kode, definisi.

Sandi-sandi ini memang kerap digunakan dalam dunia pramuka, jadi berapa banyak sandi itu jawabnya sungguh banyak. Berikut ini kami share beberapa Macam-Macam Sandi Pramuka yang perlu kamu ketahui sebagai orang pecinta alam atau keanggotaan pramuka.

  • Sandi Morse

Sandi yang pertama adalah sandi yang dikenal dengan nama morse. Sandi ini diberi nama karena penemunya bernama Samuel F B Morse yang berkebangsaan Amerika. Sandi disampaikan melalui pluit, radio, asap, lampu, telegrap dan juga arus listrik unt membedakan titik dan strip digunakan perbandingan 1:3 (1 unt titik dan 3 unt strip)

  • Sandi Semaphore

Selanjutnya Macam-Macam Sandi Pramuka yang kita kenal dengan Semaphore. Untuk sekarang biasa sandi ini menggunakan bendera berwarna khas berukuran 45×45 cm. Sandi ini sendiri digunakan untuk cara mengirim dan menerima berita tidak hanya dengan bendera bisa juga dengan dayung, batang, sarung tangan bahkan tangan kosong. Penerapan sandi semaphore ini memang menjadi suatu keharusan dari setiap anggota misalnya saja sandi untuk huruf. Bisa lihat contoh gambar.

  • Sandi rumput

Selanjutnya Macam-Macam Sandi Pramuka adalah penggunaan rumput. Sandi rumput ini adalah sistem representasi huruf, angka juga tanda baca yang dibuat berdasarkan prinsip kode morse. Jadi intinya kunci utamanya harus hafal sandi morse. Biasanya sandi ini ditandai dengan rumput besar dan rumput kecil.

  • Sandi abjad dan angka

Mungkin kalian harus mengetahui juga adanya sandi abjad dan sandi pramuka. Sandi abjad sendiri adalah menulis dan membaca kalimat dari arah belakang atau tebalik. Misalnya huruf a = z, b = y, c = x dan seterusnya. Contoh Kalimat : KIZNFPZ RMWLMVHRZ yang artinya Pramuka Indonesia. Lihat saja  huruf Z pada (RMWLMVHRZ) bukan dibaca Z tetapi huruf A yaitu Indonesi“a”. Sedangkan sandi angka sama halnya dengan sandi abjad bedanya huruf ditulis dalam bentuk angka. misal A=0, B=1, C=2, D=3 dan seterusnya.

  • Sandi Silang

Macam-Macam Sandi Pramuka selanjutnya mulai lebih rumit yaitu sandi Silang. Sandir ini cara mengerjakan harus dibaca menurut arah dari berntuk gambar kunci yang ditentukan. Misalnya contoh dibawah ini.

  • Sandi Balik

Kemudian ada Macam-Macam Sandi Pramuka yaitu sandi balik. Sandi berpatokan dengan huruf yang sudah dipasang-pasang dengan bentuk sedemikian rupa. Untuk jelasnya contoh dibawah ini.

Nah itu contoh beberapa Macam-Macam Sandi Pramuka yang sudah banyak kami berikan. Adalagi sandi-sandi lain seperti sandi lingkaran yang dibaca menurut rumus. Dan masih banyak lagi seperti sandi jam, sandi kompas, sandi gambar, sandi tanggal, sandi baca satu, sandi kembang, sandi kimia, sandi sisipan, sandi datar, sandi ular, sandi barang, dan sandi cina yang mungkin akan kami jelaskan dilain kesempatan.

Semoga informasi tentang Macam-Macam Sandi Pramuka ini bermanfaat untuk menambah wawasan kalian semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*