Sejarah Pramuka Indonesia

Sejarah Pramuka Indonesia – Sebelumnya isitlah kepramukaan dikenal dengan Scouting. Ya Scouting dikembangkan oleh Lord Baden Powell sebagai cara membina kaum muda di daratan Britania Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan. Lord mengajak 21 pemuda tersebut berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari pada tahun 1907. Berkat keberhasilan Lord sebelum dan sesuah perkemahan tersebut ditulis dalam buku yang berjudul “Scouting For Boy”.

Melalui buku ini bermula sejarah pramuka termasuk Sejarah Pramuka Indonesia , namun untuk namanya masih belum dikenal dengan Pramuka alias masih Kepanduan. Kepanduan tersebut berkembang pesat di Indonesia pada kurun waktu tahun 1950-1960.

Namun lama-kelamaan Kepanduan ini mulai dinilai tidak efektik dan tidak mengimbangi perkembangan jaman serta dianggap kurang mendukung pembangunan Bangsa dan juga pembangunganan generasi muda yang melestarikan persatuan dan kesatuan Bangsa.

Melihat hal ini Presiden Soekanro selaku Mandataris MPRS memberikan amanat kepada pimpinan Pandu di Istana Merdeka pada tanggal 09 Maret 1961. Beliau menyatakan untuk melakukan pembubaran organisasi Kepanduan di Indonesia dan kembali membentuk organisasi gerakan pendidikan tunggal bernama Gerakan Pramuka. Dan inilah Sejarah Pramuka Indonesia yang bermula.Gerakan Pramuka dengan Lambang Tunas Kelapa juga menjadi penanda Sejarah Pramuka Indonesia melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961. Namun secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961.

Ya pada tanggal 14 Agustus 1961 Presiden Republik Indonesia menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dalam surat nomor 448 Tahun 1961. Sejak itulah Sejarah Pramuka Indonesia dikenang hingga saat ini dan dipatenkan menjadi Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka.

Saat ini kegiatan Pramuka memang pasang surut ada sekolah-sekolah yang menetapkan Pramuka sebagai kegiatan wajib di ikuti para siswa namun tidak semua sekolah menetapkan kegiatan Pramuka sebagai kegiatan wajib. Melihat pasang surutnya Gerakan Pramuka ini karena kurang dirasa penting oleh kaum muda maka pada peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-45 pada tahun 2006 lalu Presiden Republik SBY mencanangkan Revitalisasi Gerakan Pramuka diantaranya yaitu dalam upaya pemantapan organisasi Gerakan Pramuka yang menghasilkan undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Nah itulah Sejarah Pramuka Indonesia yang bisa kami sampaikan. Untuk lebih jelasnya sobat bisa mengunjungi webiste pramuka.or.id. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat, ya setidaknya walaupun kita sebagai kaum muda tidak begitu aktif dikegiatan Gerakan Pramuka ini namun mengetahui sejarahnya juga sudah cukup.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*