Navigasi Darat Dasar Untuk Pramuka

Anggota pramuka mengikuti apel besar peringatan Hari Pramuka ke-53, di Makassar, Sulsel, Kamis (14/8). Upacara tersebut diikuti pramuka dari berbagai tingkatan, baik siaga, penggalang, penegak, maupun pendega se kota Makassar. ANTARA FOTO/Dewi Fajriani/ed/ama/14

Navigasi Darat Dasar Untuk Pramuka – Penggiat alam bebas tentu harus banyak tahu tentang arah dari tujuan perjalanannya dan juga posisi dirinya saat itu. Selain para tentara, pendaki, atau tim SAR para Pramuka juga harus memahami setidaknya dasar dari Navigasi Darat.

Navigasi Darat Dasar Untuk Pramuka tentu bisa dipelajari secara otodidak namun lebih baik ada pemandu atau guru. Bagi yang mengikuti kegiatan Pramuka biasanya tak mau tanggung untuk mengetahui banyak hal tentang alam.

Ya Navigasi Darat Dasar Untuk Pramuka pertama-tama memang harus memahami dulu apa itu Navigasi darat. Navigasi darat adalah ilmu pengetahuan untuk mengetahui keadaan medan yang akan dihadapi kemudian Navigasi darat adalah mengetahui dimana posisi kita dan menentukan arah serta tujuan dialam bebas.

Jadi pengetahuan Navigasi Darat Dasar Untuk Pramuka memang sangat penting alias bisa menjadi bekal bagi setiap orang masing-masing. Setiap anggota Pramuka juga harus mengenal peralatan-perlatan yang mendukung untuk Navigasi darat. Apa saja peralatan tersebut bisa kalian simak dibawah ini.

  • Peta topografi
  • Kompas
  • Konektor
  • Penggaris
  • Altimeter
  • Pensil
  • Busur derajat

Selain perlatan-peralatan tersebut pengetahuan Navigasi Darat Dasar Untuk Pramuka yang harus diketahui adalah meliputi Pengenalan Peta, Pengenalan Kompas, dan tentu cara memakai Peta dan Kompas itu sendiri. Jadi setiap anggota bukan hanya memiliki peralatan saja tapi juga tahu cara menggunakannya.

Untuk peta setidaknya para anggota sudah mengetahui bagian-bagiannya seperti garis koordinat, judul peta, tahun pembuatan peta, petunjuk tinggi rendah suatu pegunungan dan masih banyak lagi. Tidak hanya peta penggunaan kompas juga sudah dipahami.

Memang ilmu navigasi darat ini tidak hanya untuk para Anggota Pramuka saja tetapi untuk semua orang. Kita tidak pernah tahu mungkin suatu saat kita berada didalam hutan belantara dan bagaimana survival didalam hutan tersebut kalau kita tidak mengenal teknik navigasi darat.

Ya mungkin itu saja informasi tentang Navigasi Darat Dasar Untuk Pramuka. Sebenarnya pembahasan navigasi darat ini cukup namun akan kami bahas pada artikel-artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*