Panduan Navigasi Darat Untuk Survival Di Hutan

Panduan Navigasi  Darat Untuk Survival Di Hutan – Suatu saat mungkin kalian akan berada didaerah yang asing, mungkin bisa dilembah, bukit, gunung, laut atau hutan. Sedangkan kita harus menyusuri jalan yang kita tidak ketahui bagaimana kita mau berjalan kalau tidak tahu tujuan.

Oleh karena itu kita harus tahu Panduan Navigasi  Darat Untuk Survival Di Hutan tersebut karena ilmu navigasi ini sangatlah berguna untuk kita. Nah yang akan kita bahas adalah Navigasi sebagai pendukung materi survival dalam artian sebagai proses menentukan posisi kita maupun orang atau tempat lain. Dan tidak lupa menentukan lintasan perjalanan agar bsia sampai tujuan dengan tepat dan benar.

Panduan Navigasi  Darat Untuk Survival Di Hutan ini memang dipakai oleh para penggiat alam bebas termasuk lah prajurit angkatan darat. Di zaman dahulu nenek moyang kita jua sudah menggunakan teknik navigasi darat. Dimana mereka berburu ke hutan, lembah, gunung atau bahkan hutan belantara namun mereka bisa kembali dengan keadaan baik bahkan tepat waktu.

Panduan Navigasi  Darat Untuk Survival Di Hutan ini memang menuntut kita untuk melatih kemampuan membaca, menganalisa serta merekam kondisi alam disekitar kita. Nah untuk survival di hutan tentu untuk mempermudah menerapkan ilmu navigasi dengan baik kita perlu menggunakan peralatan mendukung seperti kompas dan juga peta topografi. Namun bagaimana survival di hutan tanpa alat tersebut?

Berikut ini kami share kepada anda Panduan Navigasi  Darat Untuk Survival Di Hutan :

1. Jangan panik jika tersesat karena kepanikan akan menambah bahaya. Jadi coba untuk duduk dengan tenang dan tarik nafas dalam lalu amati sekeliling selanjutnya kalian mengumpulkan bahan-bahan untuk bertahan hidup.

2. Dimana anda berada jadikan sebagai titik nol. Jadi buatlah tanda disekitar anda duduk. Misalnya meninggal baju, membuat tanda silang pada pohon, menaruh tumpukan batu yang bisa dilihat dari jarak jauh tentunya. Dan lihat juga posisi anda sekarang dengan matahari apakah arah timur atau barat. Jika pagi hari lihat diarah mana matahari timbul dan sebaliknya jika matahari terbenam. Contoh jika haris sudah senja dan matahari berada disebelah kanan tentu anda pasti menghadap ke selatan.

3. Tetaplah disuatu tempat. Jika anda sudah lelah maka tetaplah bertahan disuatu tempat, ini akan menghemat energi anda dan jika orang mencari kalian tentu tidak akan sulit, apalagi jika kalian sebelumnya telah memberi tahu bahwa kalian akan berpergian disuatu tempat jadi mereka bisa memperkirakan posisi anda.

4. Nyalakan api sebagai tanda anda, kumpulkan kayu ranting yang tidak basah. Tapi hati-hati membuat api karena bisa membahaykan anda. Perhatikan sekitar api jangan mudah merambat ke seluruh hutan.

5. Beri sinyal lokasi anda. Bisa membuat api, buatlah bahwa sinyal api itu tanda ada sedang dalam bahaya misalnya membuat 3 api dalam satu garis lurus atau tiga api yang membentuk segitiga. Anda juga bisa berteriak, meniup peluit kalau ada senapan tembakan ke udara 3 kali, jika ada cermin pantulkan cahayanya.

6. Panduan Navigasi  Darat Untuk Survival Di Hutan selanjutnya adalah menjelajahi daerah sekitar. Memang waktu anda tidak lah seharusnya banyak bergerak, namun anda bisa menjelajahi daerah sekitar anda saja misalnya mencari benda bermanfaat. Tapi tetap pastikan titik nol anda tadi.

7. Cari sumber air bersih terdekat karena dalam situasi bertahan hidup air menjadi faktor utama menjaga keselamatan diri anda untuk bertahan hidup. Carilah sungai yang mengalir, jika anda embun anda bisa mengumpulkannya anda bisa juga menemukan dicela-cela batu atau dari pohon.

8. murnikan air, misalnya dengan memasaknya, mengarahkan ke matahari atau tambahkan garam kedalam air untuk meluruhkan endapan dalam air kedasar.

9. Temukan tempat berlindung. Kalian bisa membuat gubuk sementara untuk menghindarkan dari hujan, panas gangguan binatang buas. Jika ada gua itu lebih baik tapi pastiakn tidak ada hewan buas. Kemudian jangan buat persembunyian yang membuat orang susah mencari kalian.

10. Temukan makanan yang aman

Dalam keadaan dihutan tentu untuk mencari makanan susah-susah gampang. Anda bisa memakan serangga tapi pilihlah serangga yang tidak berwarna terang, ulat bulu, serangga yang menyengat. Jika anda dekat air anda bisa memakan ikan. Jangan coba-coba memakan jamur karena jamur banyak jenisnya yang beracun.

Mungkin itulah Panduan Navigasi  Darat Untuk Survival Di Hutan. Semoga kita terhindar dari permasalahan ini seperti tersesat dihutan atau sebagainya namun tetaplah ilmu navigasi ini akan berguna bagi anda.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*