Apa Itu Navigasi Darat

Apa Itu Navigasi Darat – Bagi kalian penggiat kegiatan alam bebas tentu pengetahuan tentang sebuah medan merupakan sebuah modal yang harus dimiliki. Pengetahuan dalam penguasaan medan tentu akan mempermudah dalam mencapai tujuan tertentu dan target tertentu dalam kegiatan alam bebas.

Nah Pengetahuan tentang navigasi darat juga merupakan hal yang cukup penting bagi kalian sebut saja profesi Tentara, atau tim SAR. Tapi bagi kita orang awam tentu sangat membutuhkan juga ilmu Navigasi darat ini. Dengan demikian kita memang harus tahu Apa Itu Navigasi Darat.

Lalu Apa Itu Navigasi Darat? Nah jika kalian bertanya tentang navigasi darat ini maka kami sedikit menjelaskan artinya kepada kalian semua. Ya Navigasi darat adalah ilmu yang mempelajari cara seseorang dalam menentukan suatu tempat dan memberikan bayangan medan baik itu keadaan permukaan serta bentang alam dari bumi dengan bantuan minimal peta dan kompas.

Selanjutnya Apa Itu Navigasi Darat? ya navigasi darat juga bisa diperlukan untuk usaha-usaha pencarian dan penyelamatan korban seperti yang kami jelaskan pada baris pertama tadi. Korban disini dimaksudkan korban kecelakaan pesawat, kapal atau bisa juga mereka yang tersesat di gunung atau hutan luas.

Tidak disitu saja Navigasi darat juga digunakan untuk keperluan olahraga antara lain lomba orienteering. Lalu apalagi yang harus kalian ketahui atau mengenai tentang Apa Itu Navigasi Darat? Ya yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah mengenai media dasar Navigasi Darat.

Media dasar tersebut adalah Peta atau penggambaran dua dimensi pada bidang datar dari sebagian atau keseluruhan permukaan bumi yang dilihat dari atas kemudian dapat diperbesar atau diperkecil dengan perbandingan tertentu. Selanjutnya ada Koordinat atau yang  bisa disebut sebagai kedudukan suatu titik pada peta atau secara teorinya merupakan titik pertemuan antar absis dan ordinat. Kemudian ada Kompas atau alat penunjuk arah. Kompas yang kita kenal adalah memiliki sifat magnet sehingga jarumnya akan selalu menunjuk arah utara – selatan (utara magnetis). Nah itulah sebagian pengertian dari Apa Itu Navigasi Darat.

Jadi itulah sedikit pengertian dari Apa Itu Navigasi Darat. Sebenarnya masih banyak lagi bahasan tentang navigasi darat yang bisa kami berikan kepada anda namun akan kami bahas lagi dalam artikel-artikel selanjutnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*