Tips Belajar Bermain Surfing bagi Pemula

Tips Belajar Bermain Surfing bagi Pemula – Selain menikmati keindahan sunset saat berwisata ke pantai, Surfing merupakan salah satu wisata favorit bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara. Banyak orang menganggap bahwa surfing adalah salah satu cara yang paling menyenangkan untuk menikmati laut. Hempasan gelombang ombak, sengatan matahari, dan juga hembusan angin pantai merupakan perpaduan yang sangat menyenangkan untuk dinikmati dengan surfing.


Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi seru olahraga air yang satu ini, Anda bisa mulai mempelajarinya dari sekarang. Di bawah ini adalah panduan Anda untuk belajar bermain surfing dan menikmati ombak lautan yang selama ini hanya bisa Anda saksikan dari daratan.

Persiapan Belajar Bermain Surfing

 
Persiapan adalah tahap yang sangat penting dalam olahraga surfing, mengingat olahraga ini termasuk ekstrim dan beresiko tinggi. Orang yang hendak belajar bermain surfing sebaiknya minimal telah bisa berenang, menguasai macam-macam gaya berenang dan memiliki cukup nyali untuk melawan ombak. 

Selain itu, bagi Anda yang ingin belajar dengan sungguh-sungguh, sebaiknya Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan agar Anda bisa terus berlatih kapan saja. Namun jika Anda masih ingin mencoba-coba dulu, maka menyewa perlengkapan bermain surfing yang disediakan di pinggir pantai bisa menjadi alternatif.
Peralatan yang dibutuhkan untuk bermain surfing diantaranya adalah papan selancar, tali untuk mengikat kaki dengan papan selancar, dan juga pakaian renang. 

Sebelum memulai belajar surfing anda harus melakukan pemanasan yang cukup untuk menghindari cidera dan kram yang dapat membahayakan. 

Perlu diingat bahwa sebelum membawa papan selancar kita ke laut untuk mulai mencoba bermain surfing, anda perlu mengerti betul teknik bermain surfing dan anda juga harus mempraktekan teknik tersebut di pinggir pantai di atas pasir terlebih dahulu, lalu di air yang masih cukup dekat dengan bibir pantai, baru kemudian apabila telah lancar kita bisa mencoba ombak yang lebih besar. 

Ketika belajar teknik surfing sangat disarankan memiliki seorang instruktur surfing dan jangan terlalu percaya diri untuk melakukannya secara otodidak.

Belajar Bermain Surfing


 
Teori bermain surfing sebenarnya cukup sederhana, namun akan terasa cukup sulit bagi para pemula. Salah satu hal penting yang harus dilatih dalam bermain surfing adalah keseimbangan

Tahap pembelajaran dimulai dengan bagaimana mengendarai papan selancar menuju ke laut untuk mencari ombak. Caranya adalah dengan berbaring tengkurap di atas papan dan mendorong papan menuju ke laut dengan kedua tangan.

 

Tahap pembelajaran yang berikutnya yaitu berdiri di atas papan selancar. Setelah mendapatkan ombak yang cukup besar, bangkit dari posisi tengkurap ke posisi berdiri di atas papan merupakan salah satu gerakan yang paling sulit dalam bermain surfing. 

Caranya yaitu kita bangkit dengan bertumpu pada kedua tangan kita, dan secara berhati-hati beralih ke posisi agak jongkok dengan tangan masih memegang papan untuk menyeimbangkan diri, kemudian bangkit berdiri dengan kaki agak ditekuk.

 
Bagi para pemula sebaiknya belajar di daerah pantai yang ombaknya tidak terlalu besar dan tidak banyak batu karang. Perlu diketahui juga bahwa kita harus berada di bagian yang dirasa paling seimbang di atas papan, jangan terlalu ke belakang atau ke depan.

Demikian Tips Belajar Bermain Surfing bagi Pemula. Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*