Fungsi Obat Orphen, Manfaat dan Kegunaannya

Apa itu obat orphen? Mungkin kalian pernah mendengar tentang obat jenis yang satu ini bukan? Lalu apa sih sebenarnya fungsi obat orphen itu? Dan apa saja manfaat dan kegunaan buat tubuh kita? Untuk mengetahui informasi selanjutnya, silakan simak pembahasannya dibawah ini.Salah satu manfaat dari Orphen ini adalah sebagai obat gatal. Namun walau sebenarnya ini orphen obat gatal, namun banyak yang menjadikan orphen sebagai obat tidur. Kok bisa obat gatal tapi bisa jadi obat tidur? Nanti akan saya jelaskan. Jadi silakan simak saja pembahasannya dibawah ini.

Fungsi Obat Orphen

Orphen merupakan suatu jenis obat yang memiliki kandungan berupa orphen chlorpheniramine maleate 4 mg. Kegunaan obat orphen chlorpheniramine maleate 4 mg ini adalah sebagai pemblokir reseptor pada kulit.

Jadi sama halnya dengan pil CTM, jadi cara kerja obat ini yaitu akan merangsang beberapa bagian syaraf pusat yang bertugas dalam menerima rangsangan dari kulit. Jadi kalau suatu saat kulit Anda terkena alergi maka dengan mengonsumsi obat ini alergi itu tidak bertambah parah.

Obat orphen manfaatnya memang untuk gatal gatal pada kulit yang disebabkan karena alergi, namun dalam beberapa kasus, obat orphen untuk mengobati insomnia atau tidak bisa tidur.

Ya ini tentunya harus mengonsumsi dosis diatas takaran untuk alergi kulit tadi. Cara kerjanya juga sama, yaitu karena memblokir syaraf pusat yang juga mengendalikan kesadaran, maka kita akan bisa hilang kesadaran.

Namun saya tidak menganjurkan sama sekali sebagai obat tidur, maupun digunakan sebagai obat perangsang atau obat bius. Karena ini bukan obat yang dikhususkan untuk itu. Jadi mungkin bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dan saya tidak akan bertanggung jawab apabila Anda menggunakan untuk hal yang tidak baik.

Obat merk orphen ini dijual di beberapa apotik, jadi Anda bisa mengunjungi apotek untuk mendapatkannya. Obat ini tersedia dalam kemasan tablet. Untuk harga obat orphen sendiri, Anda bisa mengecek dan mengetahuinya saat beli. Tapi yang pasti obat ini murah dan mudah didapat.

Pada bahasan sebelumnya memang saya telah membahas mengenai obat mabuk perjalanan selain antimo dan memberikan informasi secara detail, sekarang giliran memberikan informasi tentang obat ini. Silakan simak beberapa hal mengenai obat ini.

obat orphen

Dosis obat orphen

Dosis Obat Orphen kaplet 4 mg untuk:

*.Dewasa bisa dikonsumsi 3-4 kali sehari 1 tablet.

*.Anak usia 6-12 tahun 3-4 kali sehari 1/2 tablet.

*.Usia 2-6 tahun : 3-4 kali sehari 1/4 tablet.

Atau menurut petunjuk dokter.

Anda bisa mengonsumsi setelah makan. Akan lebih baik bila diminum dengan air hangat agar cepat larut dan bereaksi.

Khasiat dan fungsi obat orphen ini untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit karena alergi yang disebabkan oleh berbagai macam benda, bahan kimia atau bulu hewan.

Jadi jika Anda mengalami gatal bernanah yang mengandung bakteri, maka obat ini kurang cocok. Hanya meredakan rasa gatal sementara saja, tidak menghilangkan gatal tersebut jika tidak dibarengi dengan berbagai obat lain semisal antibiotik.

Pantangan

Obat ini Alergi dengan beberapa penyakit seperti:

*.Glaukoma sudut sempit.
*.Hipertrofi prostat, serta retensi urin.
*.Pasien lesi fokal mesin.
*.Sensitifitas silang.

Interaksi Obat Orphen:

*. Alkohol
*. Susunan Saraf Pusat depresan, dan *. Antikolinergik.

Efek samping obat orphen

*. Mengantuk
*. Sedasi
*. gangguan Gastro Intestinal
*. efek antimuskarinik
*. hipotensi
*. kelemahan otot
*. tinitus
*. euforia, dan
*. sakit kepala.
*. Gangguan peredaran darah

Untuk ibu hamil dan menyusui obat ini sebaiknya dihindari. Walau dalam beberapa kasus memang hal ini justru harus dilakukan. Namun jika Anda memang harus minum obat ini saat sedang hamil atau menyusui, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan pada buah hati Anda.

Semoga pembahasan dari mustakim mengenai pengertian orphen, apa itu obat orphen dan fungsi obat orphen serta manfaatnya bagi kita ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan share artikel ini juga ya, agar sobat langnusa.com yang lain juga tahu akan hal ini. Thanks.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.