Pengertian & Teknik Prusiking yang Baik dan Benar

Pengertian & Teknik Prusiking yang Baik dan Benar – Pembaca setia Kompas Alam kali ini saya akan membahas pengertian prusiking yang merupakan kebalikan dari rapling/repling, tekhnik prusiking yang aman dan benar, tips prusiking yang benar dan aman atau tekhnik/cara naik tebing dll.

Pengertian Repling/Rapling

Prusiking adalah kegiatan menaiki tali dari bawah keatas menggunakan sebuah prusik. mungkin beberapa dari kalian mengira prusik adalah nama dari sebuah alat yang disebut tali prusik dan ternyata bukan.

Prusik merupakan nama sebuah simpul tali yang digunakan untuk menjerat tali karmantel ketika dibebani tanpa merusak karmantel selain itu simpul prusik juga mudah untuk dilepas. sedang tali yang kita gunakan untuk simpul prusik adalah sling karmantel atau potongan karmantel.
Prusiking masuk dalam materi panjat dalam bab Ascending yaitu kegiatan menaiki tali. sama seperti halnya repling, prusiking digunakan ketika tebing yang kita panjat hampir tidak memiliki pijakan atau menaiki jembatan dengan tali.

Teknik Prusiking yang Aman

Dalam meningkatkan keamanan dalam berkegiatan prusiking alat yang kita pergunakan tidaklah jauh berbeda dari repling, seperti tali karmantel, webbing atau sit harness, sarung tangan, helm, dan carabiner. namun ada alat khusus yang disebut alat Ascender yang salah satunya adalah sling karmantel (dengan simpul prusiknya).
Ciri alat Ascender adalah mengunci atau menjerat tali ketika dibebani dan dapat dikendorkan ketika digunakan untuk naik. alat Ascender yang direkomendasikan dalam kegiatan Ascending adalah
Jumar
Jumar adalah alat ascending yang cukup mudah digunakkan cukup didorong keatas secara bergantian kiri dan kanan sampai di atas.
Gambar: Jumar (untuk Ascending)
Shunt
Sama sepertihalnya Jumar, Shunt juga merupakan alat ascending yang cukup mudah digunakan cukup mendorong ke atas.
Demikian artikel Pengertian & Teknik Prusiking yang Baik dan Benar. pastikan untuk tetap menjaga keamanan dalam berkegiatan alam sekian dan Salam Lestari.
Sebelumnya : Pengertian dan Teknik Rapling

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*