Macam-macam Simpul Tali dalam Panjat Tebing

Macam macam Simpul Tali dalam Panjat Tebing – Kata simpul, tali atau tali temali tidaklah asing bagi kita, terutama bagi kalian yang pernah ikut dalam pramuka. Dalam panjat tebing pun materi simpul atau mengenal macam – macam simpul tali merupakan hal yang wajib karena akan sangat penting dalam pemanjatan dan sebagai salah satu pengaman saat melakukan pemanjatan. 
Sebelum mengarah pada macam – macam simpul tali yang digunakan dalam panjat tebing sebaiknya kita uraikan terlebih dahulu apa itu simpul? apa itu tali ? dan apa itu ikatan ? secara definisi kita dapat diartikan sebagai berikut :
 
1. Simpul
 
Simpul adalah hubungan tali dengan tali. bisa satu tali dengan tali yang lain maupun dengan tali itu sendiri.
 
2. Tali
 
Tali adalah bendanya atau tali itu sendiri atau nama benda. sedangkan tali temali adalah bermain tali.
3. Ikatan
 
Ikatan adalah hubungan tali dengan benda. benda di sini biasa kayu, batu, ranting, besi ataupun hewan.
Sehingga bisa dikatakan bahwa simpul adalah hubungan tali dengan tali yang belum diikatkan pada suatu benda.
Setelah penguraian tentang simpul, tali dan ikatan kita akan membahas tentang macam – macam simpul dalam teli – temali yang digunakan dalam panjat tebing, kenapa dipanjat tebing ? karena tidak semua simpul digunakan dalam kegiatan panjat tebing bahkan simpul yang dipakai cenderung khusus.

Macam-macam Simpul Tali dalam Panjat Tebing

 
1. Simpul Pita
 
Simpul Pita berfungsi untuk menyambung 2 tali pipih (Webbing) yang berguna sebagai alternatif Harness ( Tali Tubuh ) di akhir simpul yang harus dipakai simpul pita ini. Simpul pita dibuat dengan menyimpulkan kedua ujung tali pipih baik tali pipih satu dengan tali pipih yang lain atau dengan tali pipih itu sendiri menjadi satu.
Gambar: Simpul Pita
2. Overhand Knot / Simpul Mati
 
Simpul mati berfungsi untuk menyambung 2 tali yang berdiameter sama. Simpul ini dapat dibuat dengan mensejajarkan dua ujung tali lali menyimpulkan menjadi satu. berbeda dengan simpul pita pada webbing atau tali pipih, simpul mati dikhususkan untuk menyambung 2 tali.
 
Overhand Knot / Simpul Mati
 
3. Figure Eight Loop / Simpul Delapan
 
Simpul Delapan berfungsi sebagai simpul wajib pada pemanjat (Dikenakan pada cincin harness / tali tubuh) dan juga sebagai penambat back up pada sistem penambatan pada saat membuat pitch pada suatu pemanjatan.
Gambar: Simpul Delapan
4. Simpul Bowline 
 
Simpul Bowline / simpul kambing berfungsi sebagai simpul wajib pada pemanjat (Dikenakan pada Tali harness / tali tubuh) akan tetapi perlu digaris bawahi untuk pemula tidak dianjurkan untuk memakai simpul ini karena simpul ini harus benar–benar teliti dalam penyimpulannya apabila kurang teliti maka simpul ini akan mudah terlepas sehingga akan terjadi hal yang sangat fatal nantinya.
 
Gambar: Simpul Bowline
5. Simpul Fisherman / Nelayan Ganda

Simpul Fisherman / Nelayan ganda simpul ini berfungsi untuk menyambungkan 2 tali yang diameternya sama. Dan perbedaan dengan simpul mati jelas lebih safety memakai simpul ini apabila anda ingin menyambung 2 tali yang diameternya sama
Gambar: Simpul Fisherman / Nelayan
6. Clove hitch / Simpul Pangkal
 
Simpul pangkal adalah simpul utama yang berfungsi untuk membuat penambatan baik itu dalam pemanjatan dan untuk membuat aktivitas yang berhubungan dengan abseling / rappelling maupun kenapa harus simpul pangkal yang dipakai karena simpul pangkal mudah dalm pembuatnnya dan pengaturannya.
Gambar: Simpul pangkal
7. Italian hitch / Simpul Italia
 
Simpul Italia berfungsi sebagai pengganti alat – alat belay device yang pada artinya simpul Italia ini untuk membelay pada saat tertentu atau kondisi kritis.
Gambar: Simpul Italia
8. Prusik Knot / Simpul Prusik
 
Mungkin ada diantara kita yang mengenal prusik sebagai nama sebuah tali atau alat itu tidaklah benar karena prusik adalah nama simpul yakni simpul prusik. Simpul Prusik ini berfungsi sebagai pengganti alat ascendeur karena simpul ini pada awalnya untuk menaiki tali kermantle yang lebih besar diameternya. 

Gambar: Simpul Prusik
Baca Juga Teknik Repling dan Prusiking yang aman.
 
9. Slip Knot
 
Slip Knot adalah simpul kombinasi antara simpul pangkal dan simpul mati yang berfungsi sebagai pengunci simpul pangkal.
 
 
Gambar: Slip Knot
10. Alpine Butterflay Knot / Simpul Kupu – kupu
 
Simpul kupu – kupu berfungsi sebgai penyambung dua tali yang friksi khususnya untuk tali kermantle.
 
Gambar: Simpul kupu – kupu
Demikian Macam-macam Simpul Tali dalam Panjat Tebing. Semoga bermanfaat

Baca juga : Teknik Rapling dan Prusiking

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*