Pantai Krui, Surfing Spot (Tempat Berselancar) Kelas Dunia yang berada di Lampung

Pantai Krui, Surfing Spot (Are Berselancar) Kelas Dunia yang berada di Lampung – Wisata pantai di Kabupaten Pesisir Barat terus mengalami kemajuan. Krui yang merupakan ibu kota dari kabupaten yang baru terbentuk pada 22 April 2013 lalu terletak di pesisir Samudra Hindia sebelah barat Pulau Sumatra. 
Beberapa  pantai di Krui sering dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara diantaranya dari Amerika, Australia dan sejumlah negara Eropa. Sebagian besar wisatawan datang ke pantai di Krui dengan tujuan utama untuk berselancar karena ombaknya bisa mencapai lima meter.
Ada beberapa pantai yang menjadi favorit wisatawan yaitu Labuhan Jukung, Tanjung Setia, Walur, Melasti dan Tembakak. Adapun Wisatawan Mancanegara banyak yang memilih Pantai Tanjung Setia untuk berselancar.
Kegiatan Surfing (Berselancar) di Pantai Krui
Wisatawan mancanegara yang bertandang ke pantai di Krui umumnya menghabiskan waktu selama satu sampai dua minggu. Setidaknya ada enam cottage di Krui yang biasa menjadi home stay para wisatawan mancanegara tersebut.
Selain berselancar, wisawatan umumnya juga melakukan aktivitas berenang, berperahu Jukung (perahu tradisional masyarakat setempat), memancing dan berjemur, serta menyaksikan matahari terbenam yang indah. Pantai di Krui memiliki pasir yang putih dan bersih, sehingga para wisatawan dapat bermain pasir dan berjemur.
 
Pantai Tanjung Setia 
Pantai Tanjung Setia bisa anda coba untuk uji adrenalin. Pantai Tanjung Setia ini terkenal dengan Surfing-nya. Bukan hal yang baru lagi kalo masyarakat sekitar Tanjung Setia melihat wisatawan asing. Konon katanya, Pantai Tanjung Setia menjadi tempat surfing atau selancar dengan ombak yang terbaik. Oleh karena itu, banyak sekali wisatawan asing berkunjung ke tanjung setia.
Tanjung Setia juga pernah mengadakan acara “Krui surfing contest” pada 23-24 Mei 2015. Hal ini dilakukan oleh Pemerintah setempat sebagai ajang promosi pariwisata di daerah Pesisir Barat. Selain menjadi ajang promosi, acara ini juga diharapkan agar para peselancar lokal lebih bisa berkembang lagi.
Pintu Gerbang Pantai Tanjung Setia – Krui
Walaupun jalannya terlihat masih alami dan agak kurang terawat dan Letaknya yang tidak terlalu strategis ini tetap menjadi incaran para wisatawan lokal maupun luar untuk mencoba berselancar. Pantai Tanjung Setia tepat berada di jalur arus besar Samudera Hindia yang menjadikan pantai ini memiliki ombak yang konstan. Biasanya di bulan Juni hingga Agustus ombak Pantai Tanjung Setia mencapai ketinggian 6-7 meter dengan panjang sekitar 200 meter. Hal inilah yang menjadi surganya para peselancar.

Tempat berselancar di Tanjung Setia juga cukup banyak pilihannya, diantaranya :

1.Ujung Bocor
Ujung bocor merupakan salah satu tempat yang konon katanya memiliki ombak yang sangat bagus. Biasanya orang-orang sekitar menyamakan ujung bocor dengan Uluwatu Bali. Wah.. benar-benar indah ya sampe-sampe ada yang menyamakan Ujung Bocor dengan Uluwatu Bali. Di Ujung Bocor ini terkenal dengan ombaknya yang stabil untuk berselancar.
 
2. Way Jambu
Way Jambu juga merupakan tempat favorit para peselancar. Ombak yang terdapat di Way Jambu tidak kalah indahnya dengan Ujung Bocor.
3. Krui Reefs
Jika anda ingin bersantai menikmati pantai silahkan berkunjung ke Pesisir Krui. Kamu bisa menikmati deburan ombak yang bersentuhan dengan batu karang. Disini juga kamu bisa melakukan hiking danjungle run di hutan damar.

Lokasi Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia terletak lumayan jauh dari pusat kota. Tanjung Setia terletak di daerah Krui, Pesisir Barat, Lampung. Jika anda berkunjung ke Tanjung Setia biasanya memakan waktu kurang lebih 6-8 jam.
Jika anda ingin bermalam disana tidak perlu khawatir karena disana juga terdapat penginapan. Penginapan yang ditawarkan di daerah Tanjung Setia tidak terlalu mahal. Beberapa penginapan yang bisa kamu sewa diantaranya Damai Bungalow, Kota Karang Cottage, Paradise Beach, Lima Sekawan, Kahuna Beach, Family Losmen dan masih banyak lainnya. Harga yang ditawarkan juga relatif murah dengan rentang harga Rp. 100.000 – Rp. 250. 000 per malam. Cukup murah bukan?
Tanjung Setia bukan hanya menawarkan keindahan berselancar, tanjung setia juga masih memiliki lingkungan yang sangat asri. Pasir putih pantai terhampar luas di sekitar pantai dan matahari yang terbenam benar-benar memberikan pemandangan yang sangat indah. Tidak perlu jauh-jauh ke Bali
Baca : 50 Tempat Wisata di Lampung

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*