Cara Menggunakan Kompas Bagian 2/3: Menggunakan Kompas

Cara Menggunakan Kompas Bagian 2/3: Menggunakan Kompas – Setelah anda mengetahui dan Memahami Dasar-dasar Kompas selanjutnya anda harus memahami cara menggunakan kompas yang benar.

Menggunakan Kompas

 

1. Kumpulkan data arah Anda untuk mengetahui arah mana yang sedang Anda tuju

 
Bila Anda sedang hiking di sekitar di hutan atau di tanah lapang, ada baiknya untuk memeriksa arah Anda secara berkala untuk memastikan Anda akan ke arah yang Anda inginkan. Untuk melakukan hal ini, gerakkan kompas sampai panah arah perjalanan menunjuk ke arah yang telah Anda tempuh dan akan ditempuh. Kecuali Anda sedang menuju utara, jarum magnet akan berputar ke satu sisi.
 
Lakukan hal berikut ;
a. Putar dial derajat sampai panah penunjuk sejajar dengan ujung utara dari jarum magnetik. Setelah mereka selaras, ini akan memberitahu Anda ke arah mana panah perjalanan Anda menunjuk.
b. Hilangkan variasi magnetis lokal dengan memutar dial derajat sebesar derajat yang benar ke kiri atau kanan, tergantung pada deklinasi. Lihat di arah mana panah perjalanan sejajar dengan dial derajat.

2. Terus bergerak ke arah ini

Untuk melakukannya, cukup pegang kompas dalam sikap yang tepat, ubah posisi tubuh Anda sampai ujung utara jarum magnet sekali lagi sejajar dengan jarum penunjuk, dan mikuti arah panah perjalanan. Periksa kompas Anda sesering yang Anda butuhkan, tapi pastikan tidak khilaf memutar dial derajat dari posisi saat ini.

3. Fokus pada titik di kejauhan

Untuk mengikuti arah panah perjalanan dengan akurat, lihat pada panah, kemudian fokus pada sebuah objek yang jauh seperti pohon, tiang telepon, atau tanda lainnya, dan gunakan ini sebagai panduan. Jangan fokus pada sesuatu yang terlalu jauh, seperti gunung, karena objek besar tidak cukup tepat untuk bernavigasi dengan akurat. Setelah Anda mencapai setiap titik panduan, gunakan kompas untuk menemukan titik panduan lain.

Jika visibilitas terbatas dan Anda tidak dapat melihat obyek yang jauh, gunakan anggota lain dari kawanan berjalan Anda (jika ada). Berdiri diam, kemudian mintakan mereka untuk pergi dari Anda ke arah yang ditunjukkan oleh arah panah perjalanan. Panggil mereka untuk memperbaiki arah mereka saat mereka berjalan. Ketika mereka mendekati tepi visibilitas, mintakan mereka untuk menunggu sampai Anda menyusulnya. Ulangi seperlunya.

4. Transposisikan arah perjalanan ke peta Anda

Tempatkan peta Anda pada permukaan horizontal, kemudian tempatkan kompas pada peta sehingga panah penunjuk menunjuk ke utara sejati pada peta. Jika Anda mengetahui posisi Anda saat ini pada peta, geser kompas sehingga tepinya melewati posisi Anda saat ini, tetapi panah penunjuknya terus menunjukkan utara.

Buatlah garis sepanjang tepi kompas dan melalui posisi Anda saat ini. Jika Anda menjaga arah ini, jejak Anda dari posisi Anda saat ini akan mengikuti garis yang baru Anda tarik pada peta Anda.

Ilustrasi Menggunakan Kompas

5. Belajar untuk mengambil arah dari peta

Untuk mengetahui arah mana yang perlu Anda lalui untuk mencapai suatu tempat, tempatkan peta pada permukaan horizontal dan tempatkan kompas pada peta. Gunakan tepi kompas sebagai penggaris, tempatkan sehingga menciptakan garis antara posisi Anda saat ini dan tempat yang ingin Anda tujui.

Putar dial derajat sampai panah penunjuk menunjuk ke utara sejati pada peta. Ini juga akan menyelaraskan garis penunjuk kompas dengan garis utara-selatan peta itu. Setelah dial derajat diam, simpan lagi petanya.

Dalam hal ini, Anda akan mengoreksi deklinasi dengan menambahkan besar derajat yang tepat di daerah dengan deklinasi Barat, dan mengurangkan di daerah dengan deklinasi Timur. Ini adalah kebalikan dari apa yang akan Anda lakukan ketika pertama kali menentukan arah Anda dari kompas, sehingga ini sebuah perbedaan penting.

6. Gunakan arah baru untuk bernavigasi

Pegang kompas secara horizontal di depan Anda dengan arah panah perjalanan menunjuk menjauh dari Anda. Gunakan panah ini untuk memandu Anda ke tujuan Anda. Putar tubuh Anda sampai ujung utara jarum magnet sejajar dengan jarum penunjuk, maka Anda akan berorientasi benar menuju tujuan pada peta.
Sekian Cara Menggunakan Kompas Bagian 2/3: Menggunakan Kompas semoga bermanfaat.
Selanjutnya : Cara menggunakan kompas ketika tersesat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*