Masjid Tertua di Kota Bandar lampung Propinsi Lampung

Masjid Tertua di Kota Bandar lampung Propinsi Lampung – Masjid Al-Anwar merupakan masjid tertua di Kota Bandarlampung, ibukota Propinsi Lampung. Mesjid tertua di Provinsi Lampung ini didirikan pada tahun 1839. Mesjid ini menjadi saksi sejarah dimana pada saat itu Krakatau meletus dengan hebatnya pada tahun 1883.

Masjid Tertua di Propinsi Lampung

Uniknya bangunan mesjid ini tidak selurunya rubuh akibat getaran pada bumi ketika Krakatau meletus. Pada tahun 1888 Masjid ini di renovasi terdapat enam pilar dalam bangunan mesjid ini yang menandakan rukun iman dan mesjid ini memiliki dua buah meriam peninggalan portugis.
Masjid Jami' Al-Anwar Bandarlampung
Gambar: Masjid Jami’ Al-Anwar Bandarlampung
 
Mesjid ini terletak di Jalan R.E Martadinata, Teluk Betung daerah Kampung Palembang. Masjid yang berdiri pada abad ke-18 ini oleh pemerintah daerah Lampung melalui Kantor Wilayah Departemen Agama Lampung ditetapkan sebagai masjid tertua dan bersejarah di Bandar Lampung.
 
Penetapan itu tertuang dalam SK No.: Wh/2/SK/147/1997.Masjid ini memiliki lahan seluas 6.500 meter ini telah mengalami dua kali renovasi, yakni tahun 1962 dan 1997.
 
Tahun 1962 masjid diperluas dengan tambahan serambi selatan, utara, dan timur. Kini, dapat menampung 1.500 sampai 2.000 jamaah. Masjid tertua di Bandar Lampung ini terletak di Jl Laksamana Malahayati, Telukbetung Selatan.
Masjid Al-Anwar Bandarlampung
Gambar: Masjid Al-Anwar Bandarlampung
Masjid Al-Anwar Bandarlampung
Gambar: Masjid Al-Anwar Bandarlampung
Masjid Al-Anwar Bandarlampung
Gambar: Masjid Al-Anwar Bandarlampung
 
Masjid ini memiliki banyak peninggalan kuno, yaitu:
  1. Meriam peninggalan Portugis berjumlah 2
  2. Kitab tafsir Al Quran berusia 1,5 abad
  3. Gentong air dan sumur tua di belakang masjid yang disebut Sumur Seribu Doa.
  4. 700 buku-buku ajaran agama Islam berusia 150 tahunyang sebagian dari kumpulan buku ajaran agama Islam itu tidak ada di daerah lain.
 
Masjid Al-Anwar didirikan oleh Muhammad Saleh bin Karaeng, Tumengging Muhammad Ali dan Penghulu Besar Kiai Muhammad Said yang wafat sebelum zaman kemerdekaan, dimakamkan di Pemakaman Gunung Kunyit, Jalan Yos Sudarso Telukbetung.
Masjid Al-Anwar Bandarlampung
Peta: Masjid Al-Anwar Bandarlampung
 
Untuk menuju ke Masjid Al-Anwar diperlukan waktu sekitar 9 menit atau 3,9 km dari Tugu Adipura dengan menggunakan kendaraan pribadi.
 
Baca juga: Daftar Tempat Wisata di Lampung

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*