Pengertian Peta dan Jenis-jenis Peta

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang pengertian peta, baik pengertian peta umum ataupun pengertian peta menurut para ahli, serta membahas tentang jenis-jenis peta secara umum.

 

Pengertian Peta Umum

 

Peta adalah suatu gambaran dari unsur-unsur alam dan atau buatan manusia, yang berada di atas maupun di bawah permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Maksud dari pembuatan peta adalah agar si pemakai dapat mengetahui suatu tempat. 

 
Dalam gambaran ini ada  beberapa bagian peta yang tidak digambarkan menurut skala, misalnya: jalan, sungai, jembatan, rel  dan sebagainya. 
 
Pengertian dan Jenis-jenis Peta
Contoh Peta
 

Jenis-jenis Peta


Beberapa jenis peta secara umum dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) yaitu:
 
a. Peta Rupabumi: peta yang menampilkan sebagian unsur-unsur buatan manusia (kota, jalan, struktur bangunan lain) serta unsur alam (sungai, danau, gunung, dsb) pada bidang datar dengan skala dan proyeksi tertentu. Peta Rupabumi dalam istilah asingnya sering disebut sebagai Topographic Map (peta topografi). 
 
b. Peta Tematik: peta yang menyajikan tema tertentu dan untuk kepentingan tertentu (land status, penduduk, transportasi dll.) dengan menggunakan peta rupabumi yang telah disederhanakan sebagai dasar untuk meletakkan informasi tematiknya. 
 
Instansi yang bertanggung jawab terhadap pembuatan Peta Rupabumi Indonesia (RBI) adalah Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional disingkat BAKOSURTANAL. 
 
Selain itu BAKOSURTANAL juga menyediakan penyiapan dan mempublikasikan seri-seri peta dasar nasional atau peta rupabumi. Peta dasar nasional tersebut selanjutnya dapat digunakan untuk pembuatan peta- peta tematik, misalnya Peta Tematik Sumberdaya Alam Nasional. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*