Pengertian Pingsan dan Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan

Berikut ini adalah pembahasan tentang pingsan yang meliputi, tindakan darurat untuk korban pingsan, tindakan p3k untuk korban pingsan, pengertian pingsan, pertolongan pertama pada orang pingsan, cara menangani orang pingsan, pertolongan pertama pingsan, atau pertolongan pertama pada sesak nafas.

Pengertian Pingsan

Pingsan adalah hilangnya kesadaran sementara yang terjadi secara tiba-tiba dan sering menyebabkan orang yang mengalaminya terjatuh. Kondisi yang memiliki istilah medis ‘sinkop’ ini termasuk kondisi yang umum terjadi. (Alodokter.com)

Pingsan atau sinkop adalah suatu kondisi kehilangan kesadaran yang mendadak, dan biasanya sementara, yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

Gejala pertama yang dirasakan oleh seseorang sebelum pingsan adalah rasa pusing, berkurangnya penglihatan, tinitus, dan rasa panas.

Selanjutnya, penglihatan orang tersebut akan menjadi gelap dan ia akan jatuh atau terkulai. Jika orang tersebut tidak dapat berganti posisi menjadi hampir horizontal, ia dapat mati karena efek trauma suspensi. (Wikipedia)

Pengertian Pingsan dan Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan
Gambar: Pingsan

 

Cara Menangani Orang Pingsan

Berikut tindakan P3K (Pertolongan Pertama) pada orang pingsan atau yang umum dilakukan ketika anda mendapati orang yang pingsan:

1. Perhatikan muka korban. Jika mukanya memerah maka segeralah ambil bantal atau benda lain dan posisikan kepala lebih tinggi daripada badannya.

2. Sebaliknya,jika muka korban terlihat pucat maka posisikan kepala lebih rendah dari badannya.

3. Untuk memperlancar aliran darah, longgarkanlah pakaian atau ikat pinggangnya.

4. Bawa ke tempat yang teduh dan cukup udara serta hindarkan dari kerumunan orang.

5. Ambilah minyak angin, amoniak atau sejenisnya dan  dekatkanlah ke hidungnya. Bau dari benda-benda ini bisa membantu untuk  segera menyadarkan korban.

6. Bila pinsan diikuti denan muntah, maka miringkanah kepaanya untuk mempermudah keluarnya muntahan dan mencegahnya masuk ke dalam rongga pernapasan.

7. Bila korban meminta minum padahal ia belum bisa memegang gelas sendiri atau belum bisa mengangkat gelas ke mulutnya, maka sebaiknya jangan diberi terebih dahulu.

8. Kopi panas konon baik untuk menyegarkan orang pingsan.

9. Apabila keadaan masih berlanjut dan belum ada tanda-tanda membaik, segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Demikian pembahasan tentang tentang pingsan yang meliputi, tindakan darurat untuk korban pingsan, tindakan p3k untuk korban pingsan, pengertian pingsan, pertolongan pertama pada orang pingsan, cara menangani orang pingsan, pertolongan pertama pingsan, atau pertolongan pertama pada sesak nafas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*