Pengertian Insomnia, Penyebab Insomnia serta Cara Mengatasi dan Meangobati Insomnia

Berikut ini adalah pembahasan tentang penyakit insomnia yang meliputi definisi insomnia, pengertian insomnia, cara mengatasi insomnia, cara mengobati insomnia, penyebab insomnia, cara mengatasi susah tidur, penyebab susah tidur, cara menyembuhkan insomnia.

Pengertian Insomnia

Apakah yang dimaksud dengan penyakit insomnia?

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. (Wikipedia)

Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. (Alodokter)

Penyebab insomnia

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sulit tidur yang pada akhirnya berujung pada insomnia dalam jangka waktu yang cukup lama.

Mulai dari akibat faktor gaya hidup dan kenyamanan ruangan kamar, hingga faktor kesehatan psikologi, kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan.

Pengertian Insomnia, Penyebab Insomnia serta Cara Mengatasi dan Meangobati Insomnia
Gambar: Insomnia (Merdeka.com)

 

Pengobatan insomnia

Dalam mengobati insomnia, hal pertama yang dilakukan oleh dokter adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Jika insomnia didasari oleh kebiasaan atau pola hidup tertentu, maka dokter akan menyarankan pasien untuk memperbaikinya.

Jika insomnia disebabkan oleh suatu masalah kesehatan, maka dokter akan terlebih dahulu mengatasi kondisi yang mendasari tersebut, dan tentunya dengan obat-obatan yang telah disesuaikan agar tidak menimbulkan efek samping yang dapat menyebabkan insomnia.

Jika pasien tetap mengalami insomnia meski telah diberikan nasihat seputar pola hidup sehat, dan tetap mengalami insomnia terlepas dari masalah kesehatan yang mendasarinya telah diobati, maka dokter biasanya akan menyarankan pasien mengikuti terapi perilaku kognitif untuk insomnia (CBT-I).

Bahkan jika dirasa perlu, dokter dapat meresepkan obat tidur untuk beberapa waktu. Obat tidur merupakan solusi yang bersifat sementara saja. Menangani gejala insomnia tanpa mencari solusi untuk akar penyebabnya, jarang berhasil sepenuhnya.

Demikian pembahasan tentang penyakit insomnia yang meliputi definisi insomnia, pengertian insomnia, cara mengatasi insomnia, cara mengobati insomnia, penyebab insomnia, cara mengatasi susah tidur, penyebab susah tidur, cara menyembuhkan insomnia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*