5 Cara Bertahan Hidup (Survival) Di Hutan

5 Cara Bertahan Hidup (Survival) Di Hutan – Berikut ini merupakan pembahasan tentang bagaimana cara survival (bertahan hidup) di hutan baik ketika melalukan kegiatan pendakian, berwisata, maupun kegitan alam terbuka lainnya. Pada kesempatan ini kami akan lebih fokus pada pembahasan tentang bagaimana cara menghemat air pada saat di hutan, yaitu ketika kita hanya memiliki persediaan air yang sangat terbatas dengan kondisi waktu yang belum jelas.
 
Khusus dalam kegiatan survival, air memiliki peran besar agar seorang survaivor bisa tetap bertahan hidup. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui cara menggunakan air dengan baik dan efisien.
Gambar: Menghemat Air di Hutan
 
Berikut 5 tips dan pengetahuan penting dalam Menggunakan Air Saat Bersurvival di hutan;
 
  1. Air memiliki kaitan erat dengan makanan. Jumlah dan jenis asupan berupa makanan harus seimbang dengan air. Ketika anda mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat  seperti tepung, gula dan semacamnya, maka anda tidak memerlukan air yang banyak. Sebaliknya, ketikan anda mengkonsumsi makanan yang memiliki protein tinggi anda  membutuhkan jumlah air yang lebih. 
  2. Untuk mengurangi rasa haus dan menjaga agar mulut tetap basah, anda dapat menelan air liur. Cara lain yang cukup efektif adalah dengan mengemut kancing atau ujung kerah baju, cara ini bisa merangsang timbulnya liur. 
  3. Sebelum ditelan, sebaiknya anda kumur-kumurkan air sehingga membahasahi semua rongga mulut. Dengan cara seperti ini, rasa dahaga anda dapat terkurangi hanya dengan beberapa teguk air saja. Hal ini tentu saja bisa menghemat penggunaan air. 
  4. Gunakanlah persediaan air dengan disiplin dan ketat. Lakukan penjatahan air bersama seluruh rekan perjaanan sesuai persedian air yang ada.
  5. Terakhir anda bisa memanfaatkan beberapa tumbuhan yang dapat menghasilkan air, banyak tumbuhan di hutan yang dapat menghasilkan air. Artinya tumbuhan tersebut dapat dijadikan sebagai sumber air cadangan seperti tumbuhan bambu hutan, jenis tumbuhan yang memiliki akar menggantung dan lain-lain.
 
Demikian 5 Cara Bertahan Hidup (Survival) Di Hutan dengan persediaan air yang sangat terbatas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*