7 Gunung Di Lampung Yang Wajib Didaki

Kali ini kami akan berbagai cerita dan pengalaman tentang Wisata Hutan Gunung di Lampung untuk seluruh Pendaki di Indonesia. Berbicara tentang Lampung, ternyata Provinsi yang satu ini diam-diam menyimpan potensi alam yang sangat berharga, terutama potensi alam hutan gunungnya.
 

7 Gunung di Lampung 

Provinsi Lampung merupakan wilayah yang menjadi pangkal jalur pegunungan bukit barisan yang membentang sampai ujung utara pulau Sumatra.
 
Ok, dimulai dari pintu gerbang Provinsi Lampung sekaligus menjadi pintu gerbang pulau Sumatra yaitu pelabuhan Bakauheni.
 

1. Gunung Rajabasa Kalianda

Setelah beberapa saat memasuki Provinsi Lampung melalui Pelabuhan Bakauheni, kita akan diperlihatkan pada pemandangan alam yang mempesona, tepatnya di sebelah sisi kiri jalan yaitu deretan pegunungan dengan Rajabasa sebagai puncaknya.
Gunung Rajabasa adalah gunung berapi dengan kerucut vulkanik yang memiliki puncak kawah dengan lebar 500×700 meter dengan bagian daratan berawa, gunung berapi diselimuti dengan berbagai vegetasi.
Gunung dengan ketinggian 1.281 mdpl ini memiliki beberapa jalur pendakian diantaranya lewat desa Sumur Kumbang, Sukamandi (dari sisi barat), desa Merambung, Kecapi (dari sisi utara), Tanjung Heran (dari sisi timur) dan Kecapi (dari sisi selatan).
Gunung Rajabasa
 
Gunung ini memiliki banyak tempat alam di sekelilingnya, seperti Pemandian air panas Sukamandi, pemandian air panas Blambangan, Air terjun Way Guyuran, Air terjun Way Kalam, Pantai Wartawan, Pantai Batu Kapal, dan lain-lain.
 
Gunung Rajabasa menyimpan nilai sejarah yang sangat berharga, yaitu ketika jaman penjajahan Belanda. Tempat ini menjadi basis perjuangan sekaligus benteng pertahanan pasukan Raden Intan II dalam menghadapi penjajah.
 
Satu lagi, Gunun Rajabasa ini juga menyimpan potensi sumber panas bumi yang cukup diperhitungkan di Indonesia sebagai pembangkit listrik.
 

2. Gunung Betung Pesawaran

Gunung seolah menjadi dinding kota Bandarlampung dari sisi barat, gunung ini dapat dilihat dari segala penjuru kota Bandarlampung, bahkan sebelum memasuki kota Bandalampung-pun gunung ini telah menampakkan keindahannya.
Gunung Betung terletak di desa Tanjung Alo, kecamatan Beringin Raya, Kota Bandarlampung kurang lebih satu jam perjalanan dari pusat kota Bandarlampung.
Gunung yang satu ini juga menyimpan keindahan Alam tersendiri, hampir setiap akhir pekan diramaikan oleh para pendaki dari berbagai wilayah Lampung bahkan dari luar Provinsi Lampung.
 
Gunung dengan ketinggian 1.240 mdpl ini memiliki beberapa wisata alam yang menarik diantaranya air terjun yang berada di sisi utara tepatnya disamping jalur pendakian utama.
 

3. Gunung Tanggamus Kota Agung

Gunung Tanggamus adalah sebuah gunung yang terletak di Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. 
Gunung ini berada di sebelah timur laut dari Kota Agung dengan jarak sekitar 10 km. Gunung ini adalah gunung tertinggi kedua di Provinsi Lampung setelah Gunung Pesagi.
 
Gunung dengan ketinggian 2.102 mdpl ini memiliki jalur pendakian yang cukup terjal baik dari sisi timur maupun dari sisi utaranya.
Gunung Tanggamus
 

4. Gunung Pesagi Lampung Barat

Gunung Pesagi yang terletak di kecamatan Balik Bukit, Liwa, Lampung Barat, adalah gunung tertinggi di Lampung. Ketinggiannya mencapai 2.262 mdpl.
Gunung ini memiliki nilai sejarah yang sangat besar bagi rakyat Lampung Barat. Di kaki gunung inilah, dipercaya letak Kerajaan Sekala Brak, yang merupakan cikal-bakal keturunan suku Lampung.
 
Keindahan dan keaslian alam di sekitar Gunung Pesagi masih terjaga hal ini merupakan suatu daya tarik tersendiri. Dari puncak gunung Pesagi ini pengunjung dapat menikmati keindahan wilayah Lampung Barat, Danau Ranau, Pemukiman Masyarakat OKU, Laut Lepas Krui, dan Laut Lepas Belimbing.
Gunung Pesagi
 

5. Gunung Seminung Lampung Barat

Gunung Seminung adalah gunung yang terletak di antara Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, dan Kecamatan Ranau Provinsi Sumatera Selatan. 
Sama seperti Gunung Merapi, gunung ini merupakan “gunung antar-provinsi“. Gunung ini berada di sebelah barat laut dari Kota Liwa dengan jarak sekitar 25 km. Kawah gunung ini membentuk sebuah danau, yaitu Danau Ranau.
 
Gunung dengan ketinggian 1.881 mdpl ini boleh jadi merupakan gunung terindah yang ada di Lampung karena seolah-olah menjadi penghias keindahan Danau Ranau dengan wisata Lombok-nya, apalagi puncak gunung seminung ini hanya ditumbuhi semak-semak yang mempermudah pandangan mata untuk melihat keindahan alam ke segala penjuru yang ada di bawahnya.
Gunung Seminung
 

6. Gunung Pesawaran

Gunung Pesawaran adalah gunung tertinggi di wilayah kabupaten Pesawaran yang tepatnya terletak di Kecamatan Kedondong dengan ketinggian 1.662 m.
Walaupun gunung ini kurang faliliar untuk para pendaki, namun bukan berarti gunung ini sama sekali tidak boleh didaki.
 

7. Gunung Anak Krakatau

Gunung yang satu ini tentunya tidak asing lagi ditelinga kita semua, gunung dengan ketinggian 813 mdpl ini telah memberikan kesan yang sangat berharga bagi seluruh penduduk dunia.
Gunung Krakatau perah meletus pada tahun 1883 yang memiliki dampak yang luar biasa. Sebenarnya masih ada beberapa gunung lain yang tidak mungkin disebutkan satu-persatu diantaranya;
  1. Gunung Langgar, Tanjung Bintang
  2. Gunung Sulah, Bandarlampung
  3. Gunung Sibabalau (Gunung Pemancar), Panjang, Bandarlampung
  4. Gunung Kancil, Pringsewu
  5. Gunung Sugih, Lampung Tengah
  6. Silahkan Tambahkan sendiri.
 
Demikian beberapa daftar Gunung di Lampung yang wajib diketahui dan didaki oleh pendaki gunung di seluruh Indonesia.
 
Baca juga: Wisata Arung Jeram Lampung Barat

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*