Cara Menentukan Arah Kiblat Dengan Kompas

Berikut ini merupakan pembahasan tentang mencari arah kiblat sholat, penunjuk arah kiblat, yang intinya adalah bagaimana cara menentukan arah kiblat dengan kompas yaitu dengan kompas penunjuk arah kiblat. Materi ini akan sangat bermanfaat ketika kita berada di alam terbuka, di gunung, di hutan, di tengah laut, dan lain sebagainya yang masih berkaitan dengan kegiatan alam terbuka.

Untuk menentukan arah kiblat dapat menggunakan berbagai macam jenis kompas, seperti kompas baik kompas bidik, kompas orienteering dan lain sebagainya.

Ok, langsung aja ke TKP.

Sebenarnya untuk menentukan arah kiblat sendiri, menurut hukum syariat Islam tidak harus persis menghadap ke Ka’bah di kota Mekkah. Untuk detail penjelasan masalah ini silahkan “ngaji” dulu laah…

Cara Menentukan Arah Kiblat Dengan Kompas
Gambar: Posisi Arah Kiblat dari Indonesia

Namun dalam pembahasan kali ini, penulis hanya ingin menyampaikan perkiraan arah kiblat (Ka’bah) sebagai panduan Sholat bagi kaum muslimin di wilayah Indonesia bagian Barat termasuk Malaysia.

Secara umum arah kiblat (Ka’bah) adalah pada sudut 295o atau persisnya 294o 42’ 17,01”.

Demikian perkiraan arah kiblat pada umumnya bagi penduduk Indonesia bagian barat, Singapura dan Malaysia serta wilayah yang memiliki garis lintan yang sama atau berdekatan.

Hal ini cukuplah mudah kalau masih ada kompas, namun bagaimana kalau seandainya kita dalam kondisi tidak membawa kompas? Silahkan baca selengkapnya pada: Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas.

Demikian pembahasan singkat ini semoga bermanfaat dan dapat membantu menyelesaikan masalah anda.

Baca juga: Wisata Arung Jeram Lampung

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*