16 Arah Mata Angin Lengkap dengan Gambarnya

Umumnya kita semenjak kecil telah mengetahui 4 arah mata angin yang pokok, yaitu Utara, Timur, Selatan dan Barat. Atau setelah sekolah TK, kita diajarkan lagu tentang 8 arah mata angin, yaitu;

Timur – Tenggara – Selatan – Barat Daya – Barat – Barat Laut – Utara – Timur Laut.

16 Arah Mata Angin Lengkap dengan Gambarnya

Pada kesempatan ini kita akan mencoba untuk mengenal 16 arah mata angin lengkap dengan gambarnya dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta bahasa Jawa. 16 arah mata angin ini juga dilengkapi dengan derajat-nya.

16 Arah Mata Angin Lengkap dengan Gambarnya
Gambar: 16 Arah Mata Angin

Seberapa pentingkah kita mengetahui arah mata angin ini? Sebenarnya pengetahuan ini sangat penting terutama bagi pegiat alam terbuka, seperti pada pendaki gunung, pecinta alam, penjelajah hutan, anak-anak pramuka, atau satuan anggota tentara baik angkatan laut maupun angkatan udara.

16 Arah Mata Angin Lengkap dengan Gambarnya
16 Arah Mata Angin Lengkap dengan Gambarnya

Arah mata ingin ini sangat penting sekali terutama bagi pelaut, nelayan, nahkota atau bagi pilot, dan seluruh kegiatan adventure.

Baca Selangkapnya: Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda pahami arah mata angin yang disajikan dan dilengkapi dengan derajat sudutnya, serta disajikan dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bahkan dengan bahasa Jawa.

16 Arah Mata Angin Lengkap dengan Gambarnya

Demikian penjelasan singkat tentang 16 arah mata angin lengkap dengan gambarnya semoga dapat menjawab pertanyaan anda atau dapat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas Anda.

Baca Juga: Cara Menentukan Arah Kiblat

5 Comments

  1. Ingin Mengenal Tuhan,biasanya mustahil terlaksana,hingga Pemerintahan Penduduk setempat tergolong dikuatkan Tuhan demi mendirikan sebuah Pondok Pesantren sebagai Penguat Legalisasi Pasar Lokal(Nasional) & Interlokal(International).Anda penasaran dengan pasar yang penghuninya belum mengenal Tuhan,hal itu wajar terjadi.Sebab disana belum diperkenankan anda belajar AlQur’an.Kecuali sedikit.Sebab atau sesuai & kebetulan ada Ayat Firman Tuhan dalam Al-Qur’an yang berbunyi :”Tidak Aku Izinkan bagi anda Paham benar soal-soal Keruhanian(RUH)kecuali sembunyi-sembunyi( hingga paham sedikit saja)”.Walloohu A’lam Bishowaab.Sebagai contoh pada masa kejayaan Kyai Barseso,beragama Islam,kemungkinan Gagal sembunyi-sembunyi soal keislaman,sehingga terpedaya kadigdayaan orang lain,hingga Lupa Keruhanian(Ilmu soal Ruh).Padahal banyak keta’atan bersama keilmuan Islami=menyatu dengan Wara’,zuhud,Riyadhaoh dan Wudlu atau Tayamum.Tak diragukan lagi Kejayaan Kyai Barseso menjadi Wali Allah.Hingga di prediksi para Ilmuwan bahwa Di Daerah tersebut pernah ada Pasar Legal yang beradat zaman Kenabian(Ahlul-Ma’Shum).Tetapi sebab terpedaya kedigdayaan orang lain,Akhirnya Kyai tersebut diklaim sebagai Rentanner alias Murtad.Tetapi soal Hidup dan mati Hanya Allah Yang Tahu.Wallohu A’lam BiShowaab.Kabar kesamaran Kyai tersebut membuktikan bahwa Daerah tersebut belum bisa mengatakan bahwa sesungguhnya ada pasar yang mampu mengantar modal Ksatriya Islami:Wara’,Zuhud,Riyadhoh,Wudlu’ atau Tayamum,tetapi taqdir mengabarkan bahwa Kyai tersebut pasarnya model Zaman Jahiliyah.Tak diragukan lagi bahwa Najis memblokir Raport Bagus Kesucian seorang Muslim pada waktu tersebut.Moga saja kita yang pernah seperti Kyai Barseso dapat cepat bertobat hingga Batal jadi orang Murtad alias calon Kufur.Terima kasih.

  2. Orang Beragama sebelum Yahudi & Nasrani,sudah ada kemampuan Hamba Allah bersembahyang.Hingga Prestasi Raport Kemanusiaan berkelanjutan.Dan banyak kitab sebelum AlQur’an telah menyebut Soal Kenabian Muhammad SHollalloohu’alaihi WaSallam.Insyaa Allah Teladan Mulia telah dimiliki Nabi Muhammad,hingga Nabi ‘Isa A.S Bergelar sebagai RUHULLAAH(Ruh-Nya Sang Tuhan),dan Hamba Allah yang Berpengetahuan Islam,sesuai Sunnatullah(Al-Qur’an) & Sunnah Nabi(Al-Hadits)bergelar Waliyyullaooh.Walloohu A’lam BiShowaab.

  3. Seorang ‘Ulama Jawa(Kyai Haji BISHRI MUSTHOFA),memprediksi dalam Ilmu Al-Hadits,Nabi Menasehati dengan Saran agar Orang Islam Lulus 100% Oke soal Sembahyang Yang Lima waktu + Sholat Sunnah Qobliyah Ba’diyyah,hingga Gelar Kewalian tidak diragukan Para Wali yang lain,hingga stiqomahan memodali kematian khusnul Khotimah,artinya akhir yang baik.

  4. Dalam banyak Ilmu Para Ijma Qiyas ‘Ulama-‘Ulama Hebat mengkabarkan bahwa dalam kubur hingga hari kiyamat kubro,setiap Manusia diwajibkan Menerima Kitab dengan Tangan Kanan dari Malaikat Roqib.Sebab,bila dengan tangan kiri,itu pertanda Azab menimpa Manusia tersebut.Mewasdai nasib kita semua sebagai Hamba Allah,sudah di Hadirkan Seorang Nabi AkhiruZZaman,Beliau ialah Nabi Muhammad Shollalloohu ‘Alaihi Wa Sallam.Cara berguru agar Trampil soal agar dapat Kitab catatan ‘amal perbuatan baik dari alam Dunia hingga Tangan kanan saja yang diperkirakan Malaikat Roqib akan memberi kitab pegangan pada masa hari Qiyamat Kubro.Kalau Qiyamat Sughro=Qiyamat kecil.Contoh qiyamat kecil,seorang atau lebih mengalami mati,kecelakaan dan lainnya.Kalau Qiyamat Kubro,semua yang hidup mati oleh Malaikat Isrofil yang apabila sudah di komandoi Sang Tuhan hingga agar meniup Terompet(Sangkakala)yang kedua.Soal dalam Ilmu Al-Hadits memberitakan bahwa:Nabi Muhammad SAW.bersabda:”Pada Tiupan sangkakala pertama oleh Malaikat Isrofil,tercipta ‘Alam Semesta dan Makhluk hidup,Tiupan kedua =kematian semua Makhluk dan kehancuran ‘alam semesta.Hingga Pada Tiupan Sangkakala terakhir,Kebangkitan dari zaman kematian.Setelah Masa Kebangkitan,akan ada Malaikat Katibin yang memberi Raport buku catatan amal baik(oleh Malaikat ROQIB) dan buku catatan amal buruk(oleh Malaikat ‘ATID).Hingga Seorang hamba Allah Selesai melalui Jembatan Shiroohtol Mustaqiim,setelah itu ‘amal baik atau buruk yang menentukan Seorang Hamba bertemu Malaikat RIDHWAAN(Penjaga pintu Alam Surga atau bertemu Malaikat MALIK(Penjaga Pintu Neraka)”. Dari keterangan hal-hal tersebut,jelas Insyaa Allah memelihara kita dari perbuatan sia-sia.Sebab,Mubadzir ialah perbuatan Syaithoon La’natullooh.W.B

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*