Pengertian Interpretasi Peta dan Cara Membaca Peta

Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian interpretasi peta, cara membaca peta, bentuk-bentuk muka bumi pada peta. Pengertian Interpretasi peta: Interpretasi peta adalah cara membaca informasi yang terkandung dalam peta.

Pengertian membaca peta

Membaca peta merupakan sebuah proses dalam memahami bentuk penggambaran yang terdapat pada isi muka peta topografi yang berupa relief, perairan, vegetasi, hasil budaya manusia serta ciri khas lainnya yang digambarkan dalam bentuk simbol-simbol sehingga pengguna peta dapat mengetahui bentuk medan sebenarnya dari suatu wilayah tanpa harus mengunjungi tempat tersebut.

Proses pemahaman tersebut didapat dari bagaimana memahami bentuk-bentuk penggambaran yang ada pada isi muka peta topografi dengan mempelajari informasi/keterangan yang ada pada daerah tepi dan batas peta dari selembar peta topografi.

Pengertian Interpretasi Peta dan Cara Membaca Peta
Cara membaca peta

Langkah selanjutnya setelah dapat membaca isi muka peta topografi adalah dapat mengartikan, menafsirkan, menganalisa dan manjabarkan detil-detilnya dalam bentuk rencana operasi/kegiatan dan mempraktekkannya di medan sebenarnya dengan tepat dan benar (bernavigasi).

Dalam membaca dan menginterpretasi peta, pemahaman tentang karakteristik kontur adalah mutlak, karena sebagian besar isi muka peta topografi adalah kontur dan kontur itulah ciri utama dari peta topografi.

Untuk membantu dalam pembacaan isi muka peta topografi peran legenda peta sangat membantu dalam menjelaskan simbol-simbol yang digambarkan pada muka peta.

Interpretasi/penafsiran yang benar terhadap bentuk permukaan medan membutuhkan latihan, praktek dan pengalaman yang memadai di lapangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*