Pengertian dan Cara Menentukan Titik Koordinat Geografis pada Peta RBI Bakosurtanal

Pada tiap sudut sisi peta RBI Bakosurtanal yaitu sudut sisi kiri atas dan sudut sisi kanan atas peta, serta pada sudut sisi kiri bawah dan sudut sisi kanan bawah peta tercantum nilai koordinat geografis. Penulisan koordinat geografis pada keempat sisi sudut ini berfungsi sebagai titik acuan dalam penentuan dan perhitungan titik koordinat geografis pada isi muka peta..

Pengertian Koordinat Geografis

Koordinat geografis merupakan koordinat utama dan dominan pada peta RBI Bakosurtanal dibandingkan dengan koordinat lainnya (yaitu koordinat UTM). Ini ditunjukkan dengan penggambaran garis-garis grid (garis vertikal dan horizontal) pada muka peta yang diberi nilai dengan satuan menit atau detik sesuai dengan skala petanya.

Cara Menentukan Titik Koordinat Geografis

Pengertian dan Cara Menentukan Titik Koordinat Geografis pada Peta RBI Bakosurtanal
Gambar: Cara Menentukan Koordinat Peta

Menentukan suatu titik koordinat geografis pada muka peta RBI memerlukan pemahaman yang baik tentang sistem koordinat peta.

Dalam penentuan koordinat geografis peta RBI dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu cara mekanis dan cara matematis.

Cara mekanis dilakukan dengan menggunakan alat bantu romer geografis yang sesuai dengan skala petanya, sedangkan untuk cara matematis menggunakan penggaris centimeter dan alat bantu hitung (kalkulator).

Cara mekanis merupakan cara yang umum di lakukan karena lebih praktis dan lebih mudah jika dibandingkan dengan cara matematis.

Cara Mekanis

Pada praktek penentuan titik koordinat di lapangan cara mekanis lebih sering digunakan karena lebih mudah dalam pencariannya dengan hasil yang tepat dengan menggunakan alat bantu romer geografis.

Cara Matematis

Cara matematis sangat jarang digunakan karena lebih lama dan agak menyulitkan, serta membutuhkan alat bantu hitung (kalkulator) untuk perkalian, pembagian dan penjumlahan nilai derajat, menit dan detik dari koordinat geografi yang ada.

Alat bantu lainnya adalah penggaris centimeter  untuk mengukur jarak antar garis dan titik yang akan dicari.

Cara matematis ini dapat dijadikan alternatif dari cara mekanis jika dalam praktek di lapangan tidak memiliki romer geografis atau hanya dijadikan sebagai pengetahuan saja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*