Cara Menentukan dan Mencari Titik Koordinat Lokasi Pada Peta RBI Bakosurtanal

Sistem koordinat peta topografi merupakan suatu sistem untuk memudahkan dalam menentukan posisi suatu titik atau tempat di peta terhadap dua bilangan garis vertikal dan horizontal sistem koordinat peta.

Penentuan Koordinat Peta


Penentuan koordinat peta adalah suatu cara untuk menyepakati dalam penyebutan suatu titik atau wilayah pada muka peta topografi. Gambaran mudahnya adalah seperti dalam penentuan alamat saat berada di suatu kota.  

Ketika terjadi komunikasi jarak jauh dengan seseorang dan menanyakan posisi berada, jika dijawab dengan jawaban ‘saya sedang berada di jalan di samping gedung berlantai lima dekat perempatan jalan’. Si penanya pasti akan bertanaya ‘di jalan apa, nomor berapa, kota apa’ dan lain-lainnya.

Namun jika jawaban yang diberikan adalah dengan menyebut nama jalan, nomor jalan, RT/RW bila perlu, kelurahan dan nama kotanya, maka si penanya akan paham karena jawaban tersebut merupakan penunjukan sebuah alamat yang telah disepakati secara umum.

Sistem Penentuan Koordinat

Cara Menentukan dan Mencari Titik Koordinat Lokasi Pada Peta RBI Bakosurtanal
Gambar: Cara Menentukan Koordinat Peta

Dalam penggunaan peta dan aplikasi navigasi, penyebutan alamat suatu tempat di permukaan bumi pada muka peta topografi disebut sistem koordinat.

Pada peta topografi seperti pada peta RBI Bakosurtanal penggunaan sistem koordinat peta biasanya menggunakan dua sistem, yaitu sistem koordinat Geografis dan sistem koordinat UTM.

Kedua sistem koordinat tersebut mempunyai karakteristik tersendiri dalam penentuan koordinatnya.

Contoh Penyebutan Koordinat Geografis dan UTM

Misalnaya menyebutkan alamat lengkap koordinat geografis dan koordinat UTM peta RBI.

 Koordinat Geografis:
107 25 30 T
07 11 57 S
Peta RANCABALI, lembar 1208-541

 Koordinat UTM:
075548     920873
Peta RANCABALI, lembar 1208-541

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*