Diagram Arah Utara pada Peta

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang arah utara pada peta, perbedaan arah utara peta (utara grid), utara (geografis) sebenarnya dan utara magnetis. Salah satu hal yang harus diperhatikan pada informasi tepi peta dalah diagram arah utara (utara sebenarnya, utara grid dan utara magnetis) beserta penjelasannya.

Setiap peta mempunyai informasi yang perlu untuk menentukan arah sebenarnya, arah grid dan arah magnetik atas garis manapun pada peta. Informasi ini diberikan dalam bentuk diagram dengan catatan penjelasan.

Perbedaan Arah Utara Grid, Magnetis dan Utara Sebenarnya

Dalam aplikasi kegiatan navigasi, dikenal tiga istilah Utara yang masing-masing saling berdiri sendiri, yaitu:

a. Utara  Peta atau Utara Grid

Yaitu arah yang ditunjukkan oleh garis tegak lurus/vertikal dari suatu peta.

b. Utara  Sebenarnya atau Utara Geografis

Yaitu arah yang menunjukkan kutub utara bumi.

c. Utara  Magnetis

Utara Magnetis adalah arah utara yang ditunjukkan oleh jarum magnet kompas.

Diagram Arah Utara pada Peta
Diagram: Arah utara sebenernya, utara grid dan utara magnetik

Yaitu arah yang menunjukkan kutub utara medan magnet bumi yang letaknya tidak tepat di kutub utara bumi, melainkan kira-kira di sebelah utara Kanada di jazirah Boothia.

Karena pengaruh rotasi bumi maka utara magnetik bumi ini bergeser dari tahun ke tahun yang disebut Variasi  Magnetis, untuk di Indonesia pergeseran tersebut rata-rata 21 pertahun.

Untuk keperluan praktis di lapangan (khususnya di Indonesia) antara utara peta, utara sebenarnya, dan utara magnetis dapat dianggap sama.

Diagram Arah Utara pada Peta
Gambar: Letak kutub magnetis dan kutub utara bumi

Untuk keperluan yang lebih teliti perlu dipertimbangkan adanya ikhtilaf peta, ikhtilaf magnetis, ikhtilaf peta-magnetis, dan variasi magnetis dengan membuat perhitungan-perhitungan (pada diktat ini tidak dihahas).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*